The peace and Calm

Rabu, 11 Mei 2011

Latihan lapangan Cimenyan (PMT) part 3

Dari semua penjelasan itu saya akan menjabarkan kaitan antara 7 unsur dengan wayang golek itu sendiri.

1. Sistem bahasa

Sudah pasti dalam wayang golek ini sendiri sistem bahasa yang digunakan merupakan bahasa adat setempat yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari yaitu bahasa sunda. Tujuannya adalah agar orang-orang setempat mengerti cerita ketika wayang itu dipentaskan.

2. Sistem teknologi

Dalam pembuatan wayang sistem teknologi juga sangatlah berpengaruh yaitu dalam pembuatan wayang itu sendiri hanyalah menggunakan sebuah pisau pahat kecil tetapi bisa menghasilkan suatu karya yang dapat digerakkan secara 4 dimensi. Dimana di setiap persendian wayang golel itu sendiri dapat digerakkan ketika waynag akan dipentaskan.teknologi pembuatan wayang golek ini cukup menarik perhatian para turis luar negri yang dinegara salnya saja dalam mebuat satu patung menggunakan berbagai macam jenis pisau dalam berbagai ukuran.

3. Sistem ekonomi

Sudah jelas peranan wayang golek tidak dapat dilepasakan dari pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Contohnya adalah dalang yang mementaskan wayang sudah pasti dalang sendiri itu adalah sebagai suatu profesi untuk mata pencaharian. Kemudian disamping dalang, dari si wayang itu sendiri juga memberikan keuntungan bagi para pengrajin wayang yang juga membuat wayang. Dengan membuat wayangnya mereka dapat menjualnya untuk makan sehari-hari.

4. Sistem kemasyarakatan dn organisasi social

Yaitu dalam wayang kta mengenal ada yang namanya dalang. Nah dalang ini sendiri mempunyai tempat yang terpandang dalam kehidupan kemasyarakatan sehari-hari. Dimana sang dalang ini dianggap sebagai pemuka dikalangan masyarakat. Dan kedudukannya setara denga para ulama dan kepala desa. Dan sudah pastinya dalang itu pasti terkenal.

5. Ilmu pengetahuan

Yaitu didalam cerita pewayangan itu sendiri juag banyak terkandung ilmu pengetahuan yang bisa diambil dan dipelajari oleh para penikmat wayang itu sendiri. Disamping itu juga dalam proses pembuatan wayang itu sendiri dibutuhkan tingkat pengetahuan yang tinggi pula.

6. Kesenian

Sudah pasti didalam wayang itu sendiri sudah banyak aspek kesenian yang ikut serta seperti seni melukis dalam melukis wajah sang wayang, kemudian juga ada kesenian kerajinan tangan yaitu dalam pembuatan baju sang wayang dimana harus dijahit sendiri dan hiasan pada bajunya harus disulam sendiri

7. Agama

Yaitu pada walnya wayang golek digunakan oleh para wali dalam menyebarkan agama islam ditanah jawa. Mereka memainkan wayang sambil berdakwah, mengajarkan tentang agama Islam kepada penduduk setempat.

Setelah pembiacaraan yang cukup panjang itu dan akrena kami semua sudah lelah akhirnya kami ijin kepada bapak UU untuk bermalam ditempatnya. Pak UU pun mengijinkan,tapi kami semua disuruh tidur dinalai warga yang tempatnya lebih luas.akhirnya kami semua diantar oleh bapak UU ke balai warga itu untuk beristirahat. Sesampainya disana team kami dan pembimbing kami melakukan evaluasi dan briefing untuk kegiatan keesokkan paginya.dan kebetulan besok pagi akan ada acara perkawinan dengan adat sunda sehingga kami akan hadir sejenak dan meliputnya.stelah selesai briefing dan evaluasi kami melanjutkan masak makan malam. Makan malam itu lumayan lezat karena menunya sayur tomyam tahu dan kerupuk serta tak lupa kering tempe.sangat cukup untuk mengganti energy kami yang hilang selama seharian. Setelah kami semua masak dan ngobrol-ngobrol tentang perjalanan selama sehari kami makan malam diiringi sunyinya malam suasana pedesaan cimenyan. Setelah selesai makan kami semua berberes-beres dan bersiap untuk tidur. to be continue...

Tidak ada komentar: